Minggu, 25 Oktober 2009

Mencoba Windows 7 Ultimate

Pada waktu pertama kali Microsoft mengumumkan akan mengeluarkan versi Windows terbaru, terbersit dalam pikiran saya kalau nasib windows baru tersebut akan seperti Vista. Memakan banyak resources, lambat dan masih banyak lagi masalah yang diakibatkan windows vista.
Tetapi pada waktu meluncurkan release candidate 1 yang diberi nama Windows 7, saya penasaran juga. Akhirnya saya coba instal di komputer saya dengan spesifikasi, P IV Dual core 1.8 GHz, memory 1 GB, VGA share 128, harddisk 80 GB, ketakutan saya sepertinya terbukti. Windows ini agak berat, tampilannya persis Vista dan masih banyak lagi masalah-masala yang timbul. Tetapi setelah saya cari-cari artikel tentang Windows 7, memang untuk RC 1 ini masih banyak bug-bug yang muncul.
Nah, setelah menunggu beberapa bulan, kemarin ada seorang teman yang menawarkan untuk mencoba Windows 7 original versi ultimate. Bayangan akan ketakutanku pada waktu mencoba RC 1 datang kembali. Tetapi temanku tadi meyakinkanku untuk mencoba dahulu.
Setelah mencari-cari harddisk yang tidak terpakai, akhirnya aku coba instalasi windows ini. Proses instalasi antara RC1 dengan Final release ini agak beda. Kalau di versi RC 1 instalasinya butuh waktu sekitar 45 menitan, tetapi di versi Final ini, waktu instalasinya cukup singkat yaitu sekitar 20 menitan.
Setelah instalasi selesai, aku coba download driver motherboard yang aku pakai (kebetulan aku pakai ASUS P5KPL-AM) di web site resminya. ternyata oleh ASUS driver untuk Windows 7 sudah disediakan. Selesai instalasi driver, aku coba oprek si sistem operasi terbaru ini.
Wah, ternyata sangat beda dengan RC 1, di versi final ini sangat kelihatan kalau microsoft memenuhi janjinya, bahwa sistem ini akan jauh lebih ringan dari vista. Aku coba mulai dari instalasi office 2007, sampai mengcopy beberapa file music, so far so good. Tak terasa aku ngoprek sistem operasi sudah sekitar 4 jam-an.
Akhirnya aku mempunyai kesimpulanku untuk sistem operasi terbaru ini. Sistem operasi ini memang lumayan ringan, bagus dari segi GUI, fasilitas dan yang lainnya. Tetapi aku belum mencoba di spesifikasi hardware agak rendah (mungkin lain kali ya...). So... guys kalau kamu pengin nyoba, coba cari-cari di internet, mungkin versi bajakannya sudah keluar. Sory, posting ini belum ada screen shotnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar