Rabu, 02 Desember 2009

Epson T20E


Persaingan printer kelas ekonomis di bawah Rp 800-ribuan makin ramai karena segmen ini memang boleh dibilang sangat gemuk pangsa pasaran Indonesia. Untuk mempertajam penetrasinya di pasar itu, Epson memperbarui jajaran printer low-end lewat seri T yang ditujukan untuk pencetakan foto dengan harga terjangkau. Seri Stylus T20E merupakan salah satunya yang bisa dibilang pengganti seri Stylus C90 yang cukup laku di pasaran. Fisiknya agak serupa dalam balutan warna hitam matte.

Seperti C90, panel kontrol Stylus T20E amat minim dan hanya memasang 2 buah tombol berupa tombol power dan tombol pengganti catrdige yang sekaligus sebagai indikator peringatan tinta. Meski tercatat sebagai printer murah namun resolusi maksimum T20E mencapai 5760x1440 dpi dengan bulir tinta sebesar 4 picoliter dan termasuk sangat hemat listrik karena hanya menyerap 11 watt saja saat aktif.

Dalam operasionalnya, Stylus T20E memakai 4 buah cartridge terpisah (cyan, yellow, magenta dan black) yang memudahkan penggantian bila salah satunya habis. Ada 2 tipe tinta untuk jajaran Stylus T ini: tipe 73N untuk pemakaian standar dan tipe 91N untuk pencetakan yang lebih ekonomis. Pengguna dipersilakan memilih sesuai kebutuhan. Salah satu keunggulan Epson adalah teknologi tinta DURABrite Ultra yang membuat hasil cetak dapat bertahan lama dan tidak luntur meski terkena cipratan atau terendam air.

Pada CD driver bawaannya, Epson membundelkan juga aplikasi yang cukup menyenangkan terutama untuk pencetakan foto: Epson Easy Photo Print. Berkat aplikasi ini, pengguna dengan mudah mencetak foto dan hasilnya lebih optimal. Selain aplikasi Epson Easy Photo Print, disertakan juga software untuk kreasi foto dalam bentuk bingkai melalui Print Image Framer dan aplikasi Epson Creativity Suite. Yang belakangan ini dipakai untuk scanning, menyunting, dan mengirim foto ke email. Tambahan software ini jelas cukup menarik.

Dari yang kami coba, hasil cetak Epson Stylus T20E memang terlihat bagus mulai dari jenis dokumen hingga grafis. Teksturnya terkesan tajam meski kami hitung kecepatannya tergolong sangat lambat. Untuk 1 halaman saja (baik dokumen maupun grafis) printer membutuhkan waktu nyaris 2 menit. Mencetak foto ukuran A4 glossy dengan setting Best Photo juga terhitung agak lamban dengan capaian 14 menit 8 detik. Untunglah kelambatan ini dikompensasi kualitas warna yang amat tajam dan terlihat natural. Dengan harga sekitar Rp 500-ribuan, Stylus T20E memang menarik dilirik sebagai printer foto dengan harga terjangkau.

Plus : Kualitas bagus; teknologi tinta tahan air; aplikasi menarik; harga murah; ringan.

Minus: Kecepatan lambat; tanpa PictBridge; minim tombol.

Spesifikasi Epson Stylus T20E

Metode cetak Inkjet Warna

Resolusi maksimum Hingga 5760x1440 dpi

Memori Tidak ada

Interface USB 2.0

Network Support Tidak ada

Sistem operasi Windows 98/ME/2000/XP/Vista/Server 2003; Linux; Mac OS 10.2.8 ke atas.

Kapasitas kertas Multipurpose : 100 lembar

Jenis kertas Plain A4/letter/legal, transparasi; photo card; post card

Ukuran kertas maks A4

Dimensi (plt) 43,5x21,9x16,5 cm

Berat 2,8kg

Konsumsi listrik (aktif/stand by/sleep) 11/-/- watt

Garansi 1 tahun

Situs Web www.epson.com

Harga kisaran* US$ 53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar